Definisi E-Commerce



Electronic commerce (e-commerce) adalah suatu penjualan secara elektronis, yang bisa dilakukan dari jarak jauh (teknologi marketing) yang digunakan di luar toko. Untuk tempat yang jauh sekalipun tetap dilakukan perdagangan dengan memanfaatkan ecommerce. Perubahan cara dan bentuk perdagangan telah mengubah, menggeser dan  menaklukkan cara bisnis global yang tidak mengenal jarak dan waktu. Kegiatan yang dilakukan juga menjadi tidak banyak lagi diwakili oleh tenaga manusia di saat terjadi peningkatan keterpaduan telekomunikasi dan komputasi secara integral. Berdagang lewat elektronik merupakan tantangan dan ancaman bagi perdagangan tradisional. (Wahana Komputer, 2006)
a.      Tipe e-commerce
            Ada 4 tipe aplikasi e-commerce berdasarkan jenis aplikasi yang digunakan (Indrajit, 2001) yaitu :
1)      E-Market, Suatu tempat atau arena di dunia maya dimana calon pembeli dan penjual saling bertemu untuk melakukan transaksi secara elektronis melalui medium Internet. Dari definisi tersebut terlihat bahwa tipe bisnis yang terjadi adalah C2C
2)      Customer Care, Suatu usaha dari perusahaan untuk menjalin hubungan interaktif dengan pelanggan yang telah dimilikinya sebagian besar aplikasi yang dipergunakan bersifat B2C.
3)      Vendors Management, Perusahaan melakukan proses pemesanan, pengadaan, dan pembeliaan bahan-bahan yang dibutuhkan dari berbagai pemasok dan vendor melalui Internet, dan para rekanan ini akan mengirimkannya kepada perusahaan sesuai dengan kebutuhan. Tipe B2B merupakan platform transaksi yang diterapkan dalam tipe e-commerce ini.
4)      Extended Supply Chain, Melakukan optimisasi supply chain perusahaan dengan cara menjalin hubungan dengan seluruh rekanan atau pihak-pihak lain yang terlibat langsung dalam proses  penciptaan produk atau jasa melalui jalur elektronis semacam Internet. Jelas terlihat bahwa  seperti halnya tipe e-commerce Vendor Management, prinsip B2B merupakan platform yang diterapkan dalam pengembangan e-commerce terkait.
b.      Karakteristik e-commerce
            Selain memiliki tipe e-commerce juga memiliki karakteristik (Lupiyadi, 2001) sebagai berikut:
1)      Intangible, merupakan karakteristik jasa maya, tidak bisa dilihat bagaimana bentuknya dan lebih bersifat abstrak. Hal ini berarti bahwa jasa portal Internet bisa memiliki kemampuan untuk mendeferensiasikan produknya sehingga berbeda dengan yang lain. Dapat dilakukan di mana saja dan kapan saja tanpa batasan tempat dan waktu.
2)      Heterogenity, Service jasa biasanya memiliki ketidak standaran dalam proses pelayanan terhadap para pelanggannya. Masing-masing pelanggan merasakan ketidaksamaan akan pelayanan service. Akan tetapi pada kenyataannya dalam jasa situs Internet ini yang kita dapati adalah keseimbangan dalam pelayanan terhadap semua pelanggan karena berbasis pada alat-alat teknologi yang memiliki kecanggihan yang tinggi.
3)      Inseparability, Jasa biasanya dikonsumsi dan diproduksi dengan waktu yang sama dimana partisipasi pelanggan ada dalam proses penyampaiannya. Demikian juga pada waktu menggunakan jasa portal Internet tertentu.

4)      Perishability, Sangat tidak memungkinkan untuk menyimpan jasa tersebut sebagai inventory. Jika dunia tersebut tidak terlihat, tentu saja mustahil untuk menyimpannya dalam gudang, kecuali jika gudang yang dimaksud adalah gudang maya yang berupa inbox atau harddisk.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

pengertian ERD

CARA MEMBUAT LINK BERGERAK DI BLOG