Membedakan Blackberry Rekondisi/Refurbish


Kali ini saya ingin membagi pengalaman saya menggunakan blackberry. Pertama-tama mungkin kalian bertanya blackberry yang kalian gunakan itu asli atau tidak?? Tapi menurut saya semua blackberry yang beredar itu semuanya asli. Bahasa yang paling tepat yaitu blackberry kalian BARU atau Refurbish atau Black Market atau US CARRY.


Blackberry BARU
- VUDU (Voice Usage dan Data Usage) WAJIB 00. 
- 100 % Garansi Resmi Indonesia. Seperti T*M dan yang lain. Setau saya ada 3 perusahaan resmi di indonesia yang bekerja sama dengan RIM. Saya juga belum faham dengan Garansi Operator seperti apa. Saya belum pernah membeli BB yang garansi operator. Garansi operator itu seperti garansi AXIS,INDOSAT. Itu yang saya ketahui. saya juga belum pernah  mengecek vudu bb yang dikeluarkan "Operator" tersebut. 

Blackberry Rekondisi(dapat merubah kesing atau mesin atau dusbook)
- VU DU sudah berjalan. Tidak 00.
- Namanya rekondisi pasti mengubah kesing atau mesin. Merubah kesing itu pasti banget. tetapi merubah mesin gak tau juga.
- Biasanya Garansi Distributor. Contoh kasus saya pernah membeli BB ESSEX Garansi Distributor T*P. Saya beli waktu itu 1,9jt. Saya kira BB nya itu BARU. Ternyata VUDU sudah berjalan. Gak mungkin kan kalo misalkan BB baru Voice Usage nya udah jalan. kira-kira pemakaian bicara/telp itu selama 2 jam. Itu membuktikan BB tersebut Bekas pemakaian orang lain. 
- Garansi Distributor itu 2 tahun. Walaupun bekas mereka berani tanggung jawab selama itu. Berbeda dengan garansi personal atau garansi toko. Mereka hanya berani tanggung jawab sekitar 1 bulan. Tetapi harganya berbeda lumayan jauh dengan Garansi Distributor. Harga BB Garansi distributor juga berbeda cukup jauh dengan garansi resmi. Jadi kalo mau beli bb yang garansi distributor belilah yang garansi distributor yang sudah terkenal. jangan yang abal-abal.
- Pin rawan susspend. Tetapi kalo garansi distributor ato garansi operator aman lah kayaknya. Yang rawan itu BB garansi personal ato garansi toko. Lebih rawan lagi Blackberry yang jadul. Contoh kasus pacar saya pernah beli bb aries garansi personal. eh ternyata susspend. udh diinject no baru tp tetep aja gak bisa digunakan bbman. pertama di cek lewat situsnya smartfreen dan muncul kata-kata susspend. telpon operator tapi operator bilang disuruh cek digallery smartfreen dikota anda. diinject lagi no baru digallery smartfreen eh ternyata gak bisa juga. tanpa pikir panjang dibalikin tu bb. trus bilang gini BB nya SUSSPEND BOS. wkwkwkwkwk. 
- Bisa dibilang rekondisi itu second atau bekas.

Blackberry Black Market.
- Vudu nya biasanya juga sudah berjalan. Tidak 0.0. Tetapi saya pernah menemukan Blackberry BM yang VUDU nya 0.0 yang dijual murah. 
- Saya juga bingung menjelaskan tentang BB BM. Tapi menurut saya BB BM itu Blackberry yang ilegal/tidak kena pajak. Tapi kebanyakan orang berkata kalo BB BM itu BB yang direkondisi, entah casing yang diperbaharui atau mesin yang diperbaiki. Tapi menurut saya BB BM itu Blackberry yang ilegal. Sesuai dengan pengertian "Black Market". Bedakan BB BM dengan BB Refurbish/Rekondisi. Saya juga belum pernah membeli BB BM soalnya.
- Bisa juga dibilang BB rekondisi dan BB US CARRY. Contoh KASUS : saya menemukan blackberry ARIES BLACKMARKET. OK terdapat dusbook dan tembus sama mesin. tetapi terdapat vendor verizon. verizon itu merupakan perusahaan dari amerika. Kesing ariesnya mulus dan vudunya berjalan (rekondisi), terdapat vendor verizon (us carry). Jadi dapat disimpulkan BB BM itu BB yang rekondisi dari amerika seikat.
- Yang jual cuma berani garansi sekitar 1 bulan. Maklum harganya murah.
- Kemungkinan pin susspend ada.

Blackberry US CARRY(Bekas pemakaian Dari Amerika)
- Katanya sih bekas pemakaian dari amerika serikat. Ciri-cirinya pada bagian bawah body BB nya terdapat vendor dari operator yang mengeluarkan BB tersebut, seperti Verizzzzon, Sprinttt, US Seluleeerrr dll. 
- Biasanya Batangan. Kalo ada dusbook beserta kitab-kitabnya itu keluaran distributor(rekondisi dari amerika yang dikeluarkan distributor).
- Biasanya kesing BB tersebut gak mulus. Karena tidak ada perubahan kesing atau mesin. 
- kemungkinan pin susspend itu ada.
- Biasanya juga garansi distributor. Terbukti dari kasus BB essex saya yang terdapat vendor verizzon. Bisa dibilang Blackberry keluaran distributor itu blackberry rekondisi dan blackberry US CARRY(rekondisi dari amerika yang dikeluarkan distributor).


KASUS :
BLackberry ESSEX saya Garansi Distributor T*P, terdapat vendor verizzonnn di body nya. Jadi BB saya bisa dibilang rekondisi dan us carry (rekondisi dari amerika yang dikeluarkan distributor). Setuju Tidak??????

BB yang mantep itu pada dusbook dan unit bb nya terdapat vendor yang sama. seperti keluaran T*M itu.  Buktinya terlihat jelas pada dusbook dan unit bb nya terdapat vendor atau tulisan TAM nya. Cek vendor diunit bb keluaran T*M itu tekan alt+aA+H (kalo gak salah). pasti ada kode vendor T*M.

Kasus pada BB ane di dusbook POLOS tetapi terdapat Vendor VERIZZZONNN pada body dan dimesin. Bearti itu BB Rekondisi atau bisa juga Black Market. 

Saran saya beli BB yang garansi Resmi aja. Walaupun harganya lumayan jauh dengan garansi yang lainnya tetapi aman dan kalo misal rusak dalam jangka garansi diganti baru .
Kalo Garansi Distributor itu kalo misalkan rusak cuma dibenerin sampe bener. kesing jadi jelek kalo diservise. penggantian unit baru bisanya kalo BB nya benar2 tidak bisa diperbahuri. Tetapi tergantung distributornya sih..... Ada distributor yang tidak bertanggung jawab. Hati-Hati memilih BB yang keluaran distributor.

Oke terima kasih telah bersedia membaca curhatan hati saya. Ditunggu Komentarnya

Tag : Blackberry rekondisi, blackberry palsu, blackberry Refurbish, blackberry garansi resmi, blackberry garansi distributor

Komentar

  1. WAWWWWW........ Setuju Banget. Garansi T*M The Best. keep smile sist

    BalasHapus
  2. bearti bb ane rekondisi ni??? tapi gak apa-apa selama gak bermasalah aja.

    BalasHapus
  3. terima kasih infonya. lebih teliti memilih blackberry

    BalasHapus
  4. Mas.. BB saya baru beli uda byk masalah neh, kata tempat yg jual itu BARU, tp kt org yg ngeceknya itu REKONDISI.
    Sekarang uda 5 bln saya pake, dulu sy ga ngerti musti cek VUDU, sekarang saya cek DU exceeded 1048576 dan VU 54:46 .. Itu artinya apa mas??? Apa bnr bb saya rekondisi? Soalnya saya belinya dihargai spt BB baru.. *nyesel*

    BalasHapus
    Balasan
    1. bb nya apa?? garansi apa???? kalo bukan garansi resmi dan operator seperti Tam,Ctn,vendor indosat,axis,dll(gak hafal yg lainnya) itu udah dipastikan bb bekas atau bisa juga bb rekondisi. Intinya kalo garansi distributor seperti bl*s,d'be*t,berin*do, dll itu dipastikan bb yang dijual itu bekas pemakaian orang lain yang dikemas menjadi baru, tapi dikasi garansi yang lama 2thn. entah mereka mengganti kesing, atau juga bb yg direkondisi. ATAU mas nya beli bb BM yang garansi cuma 1 bulan. kalo bb seperti itu rentan dgn penyakit. bisa kemungkinan mesinnya sudah pernah diotak atik.

      maslahnya apa???kalo msh garansi ya di klaim aja garansinya. tp jangan harap diganti bb yang baru. kalo garansi resmi bisa diganti dgn unit yg baru.

      Hapus
  5. sya baru tau...ni baru dipakai 15hari cek VUDU nya tertera VU 0:02 DU 51760.5K...artimya gmana ya? trus cek alt+aA+H keluarnya ID Vendor 397, maksudnya gmana?
    tolong penjelasannya ya...trmaksih

    BalasHapus
  6. Punya ku bb essex pine kok beda yg di dos bok322E9E1D sdangkan yg di bbm 322A9E1D mohon penjelasan

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

pengertian ERD

CARA MEMBUAT LINK BERGERAK DI BLOG