Personal Hypertext Prepoccesor (PHP) dengan MySQL







PHP (Personal Hypertext Prepocessor) secara umum dikenal sebagai bahasa pemrograman script yang membuat dokumen HTML secara on the fly yang diekseskusi di server web. PHP merupakan salah satu aplikasi eksternal yang bisa digunakan oleh server web sehingga server tidak sekedar untuk memberikan layanan dokumen html saja tetapi bisa juga menjadi program yang menerima masukan dari luar dan memberikan luaran yang berasal dari database atau pun sumber lainnya menjadi dokumen html.  Integrasi PHP dengan server web dilakukan dengan teknik CGI, fast CGI dan modul server web. CGI (common gateway interface) merupakan standar yang menghubungkan (interface) aplikasi eksternal dengan server web. Fast CGI merupakan standar terbuka yang telah mulai banyak digunakan oleh server web komersial dan opersource. Server web atau web server adalah software yang memberikan layanana data yang berfungsi menerima permintaan HTTP/HTTPS dari klien yang dikenal dengan browser web dan mengirimkan kembali hasilnya dalam bentuk halaman web yang umumnya berbentuk dokumen HTML. Beberapa contoh server web adalah Internet Information Server (IIS), Apache, Litespeed, Nginx. Apache merupakan salah satu web server yang paling banyak digunakan di internet. Program ini bisa dijalankan di UNIX dan Windows NT.
Modul server web merupakan suatu standar yang mengintegrasikan aplikasi luar menjadi bagian dari server web. PHP merupakan salah satu program yang bisa dibuat menjadi modul server web. PHP secara mendasar dapat mengerjakan semua yang dikerjakan oleh program CGI, seperti mendapatkan data dari form, menghasilkan isi halaman web yang dinamik dan menerima cookies. Kemampuan (feature) PHP yang paling diandalkan dan signifikan adalah dukungan kepada banyak database. Salah satu database pendukung PHP adalah MySQL.
Database merupakan kumpulan data yang dapat disimpan dalam suatu format standar dan dirancang untuk dapat digunakan oleh banyak pemakai. Database Management Sistem (DBMS) adalah perangkat lunak yang didesain untuk membantu dalam hal pemeliharaan dan utilitas kumpulan data dalam jumlah besar. Sekumpulan data biasanya berhubungan dengan database yang mengandung informasi dari sebuah perusahaan. Tujuan dari DBMS ini adalah menyediakan sebuah lingkungan yang tepat dan efisien untuk mendapatkan kembali suatu data dan menyimpan suatu informasi database.
Model DBMS Relasional dapat dikatakan sebagai kumpulan satu atau lebih relasi dimana setiap relasi merupakan koleksi dari data yang disajikan dalam bentuk table yang terdiri dari baris dan kolom. Sistem relasional adalah sebuah sistem yang mendukung database relasional dan operasi-operasi dalam database tersebut. (Date:2000)
MySQL merupakan sebuah program database server yang mampu menerima dan mengirimkan datanya dengan sangat cepat, multiuser serta menggunakan perintah SQL (Structured Query Language).  SQL merupakan bahasa standar yang digunakan untuk melakukan akses dan manipulasi database, dalam hal ini database relasional. Perintah SQL harus disusun menjadi string SQL terlebih dahulu kemudian. PHP melakukan perintah untuk melakukan akses dan manipulasi database.
Beberapa perintah dasar SQL, sebagai berikut:
·         Select         : SELECT * FROM namatabel WHERE kriteria ;
·         Insert          : INSERT * INTO namatabel (field1,…) values (nilai1,..);
·         Update       : UPDATE namatabel SET field1=nilai, field2=nilai2 WHERE kriteria;
·         Delete         : DELETE FROM namatabel WHERE kriteria;
Adapun template akses database dengan menggunakan PHP, sebagai berikut:
·         Membuat koneksi dengan database
 $conn = *_connect ($localhost, $user, $pass);
·         Melakukan query
$resullt = *_query (“SELECT EMployeeID from Sales”);
·         Mengambil hasi query – masukkan ke dalam array
$row = *_fetch_array ($result);
·         Mencetak isi field
echo $row [“namafield”];

MySQL memilik dua bentuk lisensi, yaitu FreeSoftware dan Shareware. Kelebihan lain dari database MySQL selain menjadi sever yang melayani permintaan, MySQL juga dapat melakukan Query yang mengakses database pada server, sehingga dapat berperan sebagai Client. MySQL dapat menerima query yang tertumpuk dalam satu permintaan atau yang disebut Multi_Threading. Database ini juga dapat menyimpan data berkapasitas sangat besar hingga berukuran Gigabyte sekalipun, dan banyak kelebihan dari MySQL yang menjadikannya sebagai program database yang popular.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

pengertian ERD

CARA MEMBUAT LINK BERGERAK DI BLOG